Minggu, 09 Januari 2011

Peran Orang Tua Terhadap Kecerdasan Anak Usia Dini

PERAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN ANAK USIA DINI

Dalam perkembangan kecerdasan anak usia dini perlu adanya peranan dari orang tua di dalam menunjang peranan perkembangan kecerdasan anak usia dini.Walaupun Ayah dan Ibu mempunyai peranan yang berbeda dalam pengembangan kecerdasan buah hati di masa usia dini, namun peranan Ayah dan Ibu saling berkaitan satu sama lain yang tidak dapat dipisahkan.

PERAN IBU TERHADAP KECERDASAN ANAK USIA DINI

1. Menentukan dan menyediakan makanan bergizi.
Pemberian ASI Ekslusif pada anak usia 0-6 bln.
Kemudian, ibu yang akan menentukan dan menyiapkan menu makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhan perkembangan sang buah hati

2.Sebagai pendidik.
Kebiasaan ibu mendongeng atau membacakan cerita akan menumbuhkan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi yang baik pada anak. Ibu pun berperan dalam mengulang pelajaran yang telah diperoleh di sekolah kemudian di ulang kembali di rumah untuk membangkitkan daya ingat anak dalam mencerna pelajaran. Ibu juga membantu anak membuat PR, Ibu mengulas kembali dirumah tentang pelajaran yang belum di kuasai anak di sekolah. Ibu bisa diibaratkan sebagai guru dirumah.

3. Mengajarkan tentang peran jenis kelamin perempuan.
Anak perempuan biasanya belajar untuk berpikir rasional, disiplin, tegas, mengontrol diri dengan sabar dan penuh kasih sayang dalam menghadapi sesuatu. Anak laki-laki biasanya belajar untuk lebih bertanggung jawab dalam segala hal.


PERAN AYAH

1. Mengembangkan kepercayaan pada diri anak dalam berkompetensi.
2. Ayah cenderung mengajak anak melakukan aktivitas fisik yang lebih "kasar" baik di dalam maupun di luar ruang. Ayah pun tidak terlalu mengekang keleluasaan bergerak anak, sehingga anak dapat bermain dengan bebas dan aman, sehingga anak pun tidak takut untuk mencoba.

3.Memotivasi lebih berprestasi.
Peran ayah cenderung untuk mendorong anak agar giat belajar sehingga prestasi akademiknya lebih tinggi.

4.Mengajarkan tentang peran jenis kelamin laki-laki.
Anak laki-laki akan belajar bagaimana menjadi seorang laki-laki, bertingkah laku, berpikir, bertanggung jawab dan melindungi keluarga dari sang ayah. Sementara anak perempuan akan belajar mengenai ketegasan, berpikir rasional, disiplin, mengontrol emosi, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting