Selasa, 18 Januari 2011

Impianku Untuk Dunia Anak

Dunia anak usia dini adalah dunia yang sangat indah sekali, anak-anak terlahir dengan polos seperti memiliki dunia sendiri yang tidak di miliki oleh orang dewasa. Dunia anak terkesan sangat sederhana dan unik. Anak-anak berusaha untuk mencerna kehidupan mereka dengan cara yang sederhana. Kehidupan mereka banyak diisi dengan tawa canda yang riang gembira. Walaupun tidak bisa saya pungkiri bahwa tidak semua anak-anak bisa meraih kebahagiaan di masa kecil mereka, karena dalam dunia nyata tidak semua anak-anak dilahirkan dengan sempurna dan penuh kebahagiaan dalam hidup.

Mereka ada yang di lahirkan dengan sempurna dan ada pula yang di lahirkan dengan keadaan berkebutuhan khusus ( anak yang di lahirkan dengan kondisi tertentu dalam dirinya seperti autis, down syndrom, cacat bawaan dari lahir dan keadaan lainnya yang membuat mereka menjadi anak yang berkebutuhan khusus). Anak-anak juga ada yang di lahirkan dalam kondisi perekonomian keluarga yang sangat berada dan kondisi perekonomian yang biasa-biasa saja atau sederhana, karena banyak anak-anak yang juga ikut bekerja dimasa kanak-kanak mereka hanya untuk membantu perekonomian keluarga. Mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk hidup dalam dunia anak-anak yang sangat indah, kadang kala membuat mereka merasa bahwa masa kecil mereka kurang bahagia.

Saya telah banyak mempelajari dan mengamati pola tingkah laku anak-anak pada saat dulu saya pernah mengajar, dan saya terus mengamati akan perkembangan dunia anak-anak saat ini. Cara anak-anak dalam mengekspresikan apa yang mereka mau sangat unik dan lucu. Keceriaan anak usia dini akan terlihat pada saat mereka bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya ataupun pada saat mereka melakukan proses pembelajaraan disekolah.

Saya jadi teringat pada saat saya mengajar anak-anak yang kurang mampu, orang tua mereka hanya bekerja sebagai pemulung,kondisi mereka sangatlah sederhana, karena saya pernah berkunjung kerumah mereka yang sangat sederhana dalam rangka home visit antar pihak sekolah dan murid, lingkungan mereka penuh dengan tumpukan sampah, mereka datang ke sekolah dengan apa adanya, kadang kala dengan jujur dan polos mereka datang ke sekolah tidak mandi, jadi baunya sangat luar biasa. Kepolosan mereka kadang kala membuat saya tersenyum, apalagi saat mereka bicara bu guru aku mandi di sekolah ya, di rumah kamar mandinya ga sebagus di sekolah. Namun anak-anak seperti mereka mempunyai semangat yang kuat dalam belajar. Saya juga bahagia sekali manakala mendengar murid-murid saya dulu, saat ini bisa berkembang lebih maju.

Mendengar celotehan mereka sangat membuat hidup saya semakin berarti, ternyata saya bisa mengajarkan dan berbagi ilmu dengan anak-anak seusia mereka sesuai dengan kemauan dan kemampuan mereka dalam menangkap materi pembelajaran. Tersadar akan sangat berartinya dunia anak-anak yang sangat indah. saya mempunyai sebuah impian untuk dunia anak usia dini, saya ingin membangun sebuah sekolahan bagi perkembangan pendidikan anak usia dini.

Sekolahan yang saya impikan ini tidak hanya sekolahan bagi anak-anak yang tumbuh dengan sempurna dan dari keluarga yang perekonomiannya yang berada, tapi sekolahan yang saya impikan untuk saya bangun adalah sebuah sekolah yang bisa menerima kesetaraan pendidikan untuk semua anak, baik anak yang dilahirkan sempurna maupun untuk anak yang berkebutuhan khusus, sekolahan untuk anak-anak yang dilahirkan dari keluarga yang perekonomian berada maupun anak-anak yang di lahirkan dari keluarga yang perekonomiannya sederhana maupun kurang mampu sekalipun akan saya ajarkan untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Walaupun untuk mengajarkan materi pembelajaran pada anak yang berkebutuhan khusus akan lebih membutuhkan kesabaran dan waktu yang sangat panjang, tapi saya mempunyai keyakinan bahwa mereka juga bisa seperti layaknya anak-anak yang sempurna.

Saya ingin sekali sekolahan yang saya impikan ini benar-benar bisa terwujud, agar semua anak bisa menikmati pendidikan yang layak, Saya akan terus berjuang agar impian saya ini bisa terwujud demi perkembangan karakter anak-anak usia dini yang sehat, cerdas dan ceria. Namun kapankah mimpi saya ini akan terwujud?

Ya Tuhan hamba mohon bantulah hamba untuk bisa mewujudkan impian ini dalam kenyataan agar anak-anak bisa memperoleh pendidikan yang baik. Inilah impian saya untuk dunia anak, dunia anak yang sangat indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting