Kamis, 13 Januari 2011

Cara Mengungkapkan Rasa Cinta dan Sayang Orang Tua Kepada Anak

Kita sebagai orang tua sudah pasti sangat mencintai dan menyayangi anak kita. Rasa cinta dan sayang orang tua kepada anak kadang kala sangatlah berlebihan. Andaikata kita memiliki anak sebaiknya kita tidak menunjukan rasa cinta dan sayang yang berlebihan dan jangan sampai kita dalam mengungkapkan rasa cinta dan sayang kita dengan cara yang salah karena bila kita dalam mengungkapkan rasa cinta dan sayang dengan cara yang salah dapat memberikan efek yang tidak baik bagi anak kita di masa yang akan datang. Walaupun kita sangat mencintai dan menyayangi anak kita, kita sebagai orang tua harus berlaku bijak dalam menunjukkan dan mengungkapkan rasa cinta dan sayang itu kepada anak-anak. Rasa cinta dan sayang yang berlebihan dapat membuat anak menjadi manja, dan cenderung akan berperilaku egois apabila tuntutannya tidak dipenuhi.

Ada beberapa cara yang tepat dalam mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada anak :

1. Kita sebagai orang tua harus bisa memastikan rasa cinta dan sayang yang kita berikan telah adil kepada setiap anak-anak secara wajar. Jika tidak adil maka anak bisa menuntut keadilan kepada kita dan mereka akan sangat merasa kecewa pada kita selaku orangtua.

2.Kita juga harus bisa memastikan bahwa kita bisa meluangkan waktu untuk bermain,bercanda, berkomunikasi bersama dengan anak-anak di rumah kita tanpa diganggu orang lain dan pekerjaan kantor agar hubungan harmonis tetap terjalin bersama. Sesibuk apapun kita dengan segala macam kesibukan di luar rumah, kita tetap wajib memberikan kebutuhan sosialisasi pada anak kita, karena mereka sangat membutuhkan rasa kasih sayang dari kita sebagai orang tua.

3. Kita sebagai orang tua harus bisa memberikan sentuhan-sentuhan fisik yang wajar kepada anak selama mereka tidak risih seperti pelukan yang wajar untuk menunjukkan bahwa kita sangat mencintai dan menyayangi mereka.

4. Sebagai orang tua kita harus bisa menjaga perkataan yang kita ucapkan kepada anak. Jangan sampai mereka merasa dibenci oleh kita karena kita telah salah cara dalam mengucap atau memilih kata-kata. Usahakan untuk menghindari marah emosional yang berlebihan dan tidak terkendali pada anak.

5. Pergunakanlah bahasa yang baik dengan emosi yang wajar walaupun anak kita melakukan kesalahan yang membuat kita sangat marah.

6. Biasakanlah memberi pujian yang wajar jika anak kita melakukan sesuatu yang baik atau pada saat mereka memperoleh prestasi di sekolah kita bisa memberikan pujian dan hadiah yang wajar dan tidak berlebihan.

7.Kita boleh memberikan sesuatu yang mereka butuhkan selama permintaan mereka wajar dan tidak berlebihan dan sangat diharapkan apa yang kita berikan tidak akan membuat efek yang buruk pada mereka.

8. Kita jangan sampai memberikan apa saja yang diminta anak, tetapi kita harus pandai-pandai dan selektif dalam memilih permintaan yang baik-baik saja yang akan kita penuhi.

9. Berikan hadiah di saat-saat tepat tertentu dan juga untuk memberi motivasi anak yang ke arah yang lebih baik. Hadiah yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan kita.

10. Jangan terlalu sering memberi materi pada anak setiap kali mereka meminta sesuatu yang mereka inginkan. Kita harus pandai-pandai dalam membuat alasan yang logis dan baik saat menolak permintaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting