Sabtu, 15 Januari 2011

Ajak Bermain Anak

Alangkah senang bila kita melihat anak-anak yang sedang bermain dengan asyiknya dan sangat ceria. Dunia anak-anak sungguh mengasyikkan dan sangat indah. Dunia mereka sangat polos dan sederhana, mereka belum mempunyai beban sepeti kita orang dewasa yang dipenuhi kesibukan dan aneka masalah dalam hidup. Anak-anak selalu dapat menikmati dunia kanak-kanak mereka sendiri, dunia mereka sangat sederhana karena dunia mereka adalah bermain karena dengan bermain mereka bisa menemukan banyak hal baru.

Rasanya kita orang dewasa perlu mencontoh mereka yang selalu riang gembira penuh canda tawa dalam menikmati hidupnya. Kadang kala memang orang dewasa dalam kehidupannya dipenuhi tekanan hidup, yang sangat berat tapi kita bisa saja seperti layaknya kehidupan anak-anak, nikmatilah dunia kita apa adanya. Supaya kita bisa lebih menghayati dunia anak-anak yang sangat indah, kita perlu untuk melibatkan diri secara langsung dalam dunia mereka yang sangat ceria. Sesekali kita mencoba untuk ikut masuk kedunia mereka, dunia bermain yang penuh canda tawa bersama. Ada sebagian orang beranggapan bahwa mereka enggan atau malu jika ikut terlibat bermain bersama anak-anak, tapi sebenarnya melalui permainan anak-anak banyak sekali yang dapat kita peroleh.

Kita bisa nikmati dulu kedekatan kita dengan mereka. Dari waktu kita yang sangat sibuk, usahakan kita sisihkan waktu untuk menemani mereka bermain bersama. Jadikan mereka sebagai teman , sahabat terlebih dahulu lalu kita secara perlahan-lahan mulai masuk kedunia mereka, sehingga mereka akan merasa nyaman berada di dekat kita. Apabila mereka sudah merasa nyaman, tenang, bisa berbagi permainan, sangat mudah bagi kita untuk ikut bersenang-senang dan menciptakan canda tawa bersama anak-anak. Sesekali ciptakan sebuah permainan yang bersifat edukatif yang bisa membuka pemikiran mereka untuk berfikir kreatif, seperti membuat permainan menyusun balok, kita bisa mengajak mereka berpikir kreatif dalam menyusun balok-balok tersebut. Mereka bisa menyusun balok-balok tersebut sesuai keinginan mereka. Mereka bisa menyusunnya menjadi bentuk rumah, istana, jembatan, mobil sesuai dengan yang mereka mau.

Bila mereka sudah membentuk satu macam susunan balok-balok tersebut, kita bisa menanyakan kepada mereka apa maksud dari bentuk yang telah mereka susun. Dari sini kita bisa melihat akan ada daya imajinasi mereka dalam menceritakan bentuk yang telah mereka buat dari balok-balok tersebut. Permainan ini sering kita sebut sebagai permainan edukatif sentra balok. Dengan kita bermain seperti ini, kita akan semakin dekat dan menjadi sahabat mereka, sehingga mereka tak akan segan untuk berbicara terbuka dengan kita.

Apabila kita sedang terlalu sibuk,dan tidak bisa mengajak bermain dalam sentra balok. kita harus bisa mengatur sedikit waktu untuk memberikan perhatian pada mereka. Anak-anak biasanya mengganggu saat kita sedang sibuk dengan pekerjaan, tapi bila kita sudah dekat dengan mereka percayalah mereka akan bisa memahami dan mengerti kondisi kita yang sedang disibukkan oleh pekerjaan. Sempatkan waktu untuk terus berinteraksi dengan mereka, ajaklah mereka bermain bersama, berenang. bersepeda, lari-larian, mengobrol santai atau kita bisa bercanda bersama dengan memberikan tebak-tebakan, cerita lucu atau dongeng sebelum tidur.

Yang kita dapatkan dengan mengajak bermain anak adalah keceriaan, kegembiraan, dan kesenangan yang bisa memberikan nuasana baru untuk mengimbangi kepenatan kesibukan sehari-hari. Dengan mengajak bermain anak bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko stres. Kita juga bisa lebih semangat seperti layaknya anak-anak yang selalui bersemangat dalam menjalani hidup mereka. Dunia anak-anak memang sangat indah dan menarik untuk kita amati, karena kehidupan mereka sangat berwarna seperti pelangi di pagi hari yang sangat indah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting