Sabtu, 08 Januari 2011

Cara Membangkitkan Motivasi Diri Pada Anak Usia Dini

Seringkali rutinitas dan berbagai masalah yang datang silih berganti dalam kehidupan sehari-hari membuat kita kadang kala melupakan peran kita sebagai orang tua dalam memantau tumbuh kembang buah hati kita. Buah hati kita adalah harapan kita di masa akan datang, maka kita sebagai orang tua hendaknya selalu meluangkan waktu sebentar untuk selalu berkomunikasi dengan buah hati tercinta. Melalui jalinan komunikasi inilah diharapkan akan menumbuhkan motivasi diri pada anak usia dini untuk melalui tahapan masa keemasan mereka dengan baik.
Membangkitkan motivasi diri pada anak usia dini sangatlah penting, karena dengan kita memberikan motivasi kepada buah hati kita di harapkan nantinya buah hati kita akan mempunyai rasa percaya diri untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dengan menumbuhkan motivasi diri pada anak usia dini kita telah membantu untuk mewujudkan adanya tumbuh kembang buah hati kita menjadi buah hati yang sehat, cerdas dan ceria.
Terbentuknya motivasi diri pada anak usia dini berasal dari dua jenis yaitu:

1. Motivasi yang berasal dari dalam diri buah hati kita (motivasi dari diri sendiri/internal motivation): Motivasi yang muncul dari dalam diri tanpa ada faktor luar yang mempengaruhi.
2. Motivasi eksternal (eksternal Motivation): motivasi yang muncul karena dorongan dari luar seperti adanya imbalan, reward, hadiah atau penghargaan.

Memotivasi anak usia dini bisa kita lakukan dengan dua cara yaitu menumbuhkan motivasi internalnya atau dengan menumbuhkan motivasi eksternalnya.
Menumbuhkan motivasi internalnya dengan cara kita memberikan kebebasan yang terarah agar buah hati kita mau bersosialisasi dengan teman sebaya dilingkungan sekitarnya. kebebasan yang kita berikan tetap saja kebebasan yang tetap kita arahkan.
Menumbuhkan motivasi eksternalnya dengan cara kita mengumpulkan teman-teman sebayanya dalam satu tempat dan kita ajak mereka untuk bermain dalam satu permainan edukatif yang memerlukan kerjasama dalam satu team. bisa kita lakukan dengan permainan menyusun puzzel ataupun menyusun balok menjadi satu bentuk tertentu. Dengan adanya kebersamaan diantara mereka, maka akan ada komunikasi yang terjalin sehingga buah hati kita mempunyai rasa percaya diri telah diterima dengan lingkungan sekitarnya.
Pada dasarnya komunikasi adalah salah satu kunci pokok agar motivasi diri pada diri anak usia dini dapat terus berkembang. Motivasi dalam diri anak usia dini bisa kita berikan pula melalui cerita atau dongeng yang mengarah pada pemberian dorongan, semangat dan arahan untuk anak usia dini lebih berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas dan ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting