Minggu, 13 Februari 2011

Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini

Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini

Anak biasanya tidak bisa memisahkan dirinya dengan dunia bermain Bagi anak bermain merupakan merupakan seluruh aktifitas anak, kesenangannya dalam bermain merupakan salah satu metode mereka untuk mengenal dunia mereka yang sangat indah.

Bermain bagi mereka tidak sekedar mengisi waktu luang, tetapi bermain mereka jadikan sebagai salah satu kebutuhan anak seperti halnya makanan, perawatan, cinta kasih,perhatian dari orang-orang disekelilingnya dan mereka juga tidak pernah mengabaikan untuk tetap belajar.

Dengan bermainpun mereka dapat belajar.Melalui bermain, anak tidak hanya menstimulasi pertumbuhan otot – ototnya, tetapi lebih dari itu, anak dapat mempelajari banyak hal dari sekedar bermain. Anak tidak sekedar melompat, melempar atau berlari. Tetapi mereka bermain dengan menggunakan seluruh emosinya, perasaanya dan pikirannya.

Bermain pada dasarnya adalah unsur yang sangat penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan anak baik itu perkembangan secara fisik, emosi, mental, intelektual, kreatifitas dan sosial. Anak yang mendapat kesempatan cukup untuk bermain akan menjadi orang dewasa yang mudah berteman, kreatif dan cerdas, bila dibandingkan dengan mereka yang masa kecilnya kurang mendapat kesempatan bermain.

Ada berbagai macam alat yang bisa dipakai untuk bermain anak-anak, alat permainan edukatif untuk anak usia dini dapat diperoleh dari benda-benda yang ada disekitar lingkungan kita. Alat permainan edukatif adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya.

Alat permainan edukatif bemanfaat untuk banyak hal diantaranya :

- pengembangan aspek fisik, yaitu kegiatan – kegiatan yang dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak.

- Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang baik dan benar.

- Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk, warna, dan lain – lain.

- Pengembangan aspek sosial, khususnya dalam hubungannya dengan interaksi antara ibu dan anak, keluarga dan masyarakat, sehingga anak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Alat permainan edukatif, tidak harus bagus dan mahal,dan tidak harus dibeli di toko, tetapi alat permainan edukatif bisa buatan sendiri ataupun alat permainan tradisional yang bisa kita pakai sebagai alat permainan edukatif.

Syarat yang perlu diperhatikan dalam memilih alat permainan edukatif:

* Aman

Alat permainan anak dibawah usia 2 tahun, tidak boleh terlalu kecil, catnya tidak boleh mengandung racun, tidak ada bagian – bagian yang tajam, dan tidak ada bagian – bagian yang mudah pecah karena pada umur tersebut anak mengenal benda disekitarnya dengan memegang, mencengkeram, memasukkan kedalam mulutnya.

* Ukuran dan berat alat permainan edukatif harus sesuai dengan usia anak.

Bila ukurannya terlalu besar akan sukar dijangkau anak, sebaliknya kalau terlalu kecil akan berbahaya karena dapat dengan mudah tertelan oleh anak. Sedangkan kalau alat permainan edukatif terlalu berat, maka anak akan sulit untuk memindah – mindahkannya serta akan membahayakan bila alat tersebut jatuh dan mengenai anak.

* Desainnya harus jelas

Alat permainan edukatif harus mempunyai ukuran – ukuran, susunan dan warna tertentu, serta jelas maksud dan tujuannya, sehingga anak akan senang memainkannya.

Alat permainan edukatif harus mempunyai fungsi untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak, seperti motorik, bahasa, kecerdasan , dan sosialisasi.
Selain itu alat permainan edukatif harus dapat dimainkan dengan berbagai variasi, tetapi jangan terlalu sulit sehingga anak akan mudah frustasi, atau terlalu mudah sehingga anak akan cepat bosan.
Walaupun alat permainan edukatifnya sederhana harus tetap menarik baik warna maupun bentuknya. Bila bersuara, suaranya harus jelas.
Alat permainan edukatif harus mudah diterima oleh semua kebudayaan karena bentuknya sangat umum dan harus tidak mudah rusak. Kalau ada bagian – bagian yang rusak harus mudah diganti. Selain itu pemeliharaannya mudah, terbuat dari bahan yang mudah didapat, harganya terjangkau oleh masyarakat luas.

ADA BEBERAPA CONTOH ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK ANAK USIA DINI

* Pertumbuhan Fisik / Motorik kasar : sepeda roda tiga / dua, bola, mainan yang ditarik dan didorong, tali, dan lain – lain.
* Motorik halus :pensil,crayon, bola, balok, lilin dan lain – lain.
* Kecerdasan / kognitif : : buku bergambar, buku cerita, puzzle, lego, boneka, pensil warna, radio dan lain – lain.
* Bahasa : buku bergambar, buku cerita, majalah, radio, tape, TV dan lain – lain.
* Menolong diri sendiri : gelas / piring plasik, sendok , baju, sepatu, kaos kaki dan lain – lain.
* Tingkah laku sosial : alat permainan yang dapat dipakai bersama, misalnya congklak, kotak pasir, bola, tali dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting