Minggu, 13 Februari 2011

Permainan Yang Menyenangkan Untuk Anak Usia Dini

Dunia anak memang banyak dipenuhi dengan dunia permainan yang menyenangkan. Ada beberapa permainan sederhana yang menyenangkan yang bisa kita lakukan bersama buah hati kita.

USIA 12 – 15 BULAN

Ketika anak menginjak usia 12-15 bulan, tubuh seorang anak mulai membentuk kekuatan otot dan keseimbangan tubuh. Seorang anak mulai belajar untuk merangkak, belajar berjalan (dengan masih menggunakan alat bantu untuk berjalan saeperti memakai baby wolker atau masih rambatan), mencoba meraih tempat – tempat tinggi dan mulai berbicara. Permainan sederhana yang cocok untuk usia anak 12-15 bulan:

* Cilukba.

Permainan cilukba adalah permainan yang sangat mudah dilakukan, kita dapat melakukan dengan menyembunyikan wajah tersenyum dibalik jemari tangan, dan tiba – tiba membuka jemari tangan sambil menunjukkan wajah tersenyum sambil berkata cilukba. Permainan ini memang terlihat sederhana, namun ternyata memberi dampak yang sangat baik bagi anak. Melalui permainan ini, kemampuan reflek, motorik sekaligus kemampuan bersosialisasi anak mengalami perkembangan. Anak biasanya akan tersenyum bila melihat wajah kita setelah kita mengatakan cilukba.

* Permainan Memanggil dan datang

Permainan ini yang biasanya sangat menyenangkan bagi anak yang baru mulai belajar merangkak dari satu tempat ke tempat yang lain. Kita dapat melatih kemampuan fisiknya dengan permainan memanggil dan datang. Bersihkan area yang akan digunakan dari benda yang dapat melukai anak.

setelah itu pilihlah sebuah mainan atau benda yang sekiranya dapat menarik perhatiannya, namun mainan yang kita pilih jangan yang membahayakan anak. Setelah kita pilih berdirilah agak jauh dari anak, pegang mainan tersebut sambil memanggil namanya. Tujuan dari permainan ini agar anak mau menghampiri kita dan mengambil mainannya.

Ketika anak berhasil mengampiri kita dan mengambil mainan itu, jangan lupa berilah pujian. Bila anak sudah mampu berdiri sendiri, kita bisa meletakkan mainan atau benda kegemarannya di tempat tertentu yang mudah dijangkau anak.

USIA 15 – 18 BULAN

Anak biasanya mulai belajar menirukan tingkah laku orang-orang disekelilingnya dan mulai sibuk dengan mainannya sendiri. Pada masa inilah kemampuan otak anak mengalami perkembangan untuk berpikir dan melakukan sesuatu yang diinginkan.

Kegiatan bermain yang dapat dilakukan bersama anak pada usia ini cenderung bersifat spontan dan dapat dilakukan setiap saat. kita bisa bernyanyi bersama, bermain tebak – tebakan, membacakan dongeng dan mendampingi si kecil menonton film kartun yang mendidik seperti little einstein.

USIA 18 – 24 BULAN

Kemampuan penyerapan pengetahuan anak akan semakin meningkat. Pemahaman kata dan merangkai kalimat sederhana sudah mulai dapat dilakukan oleh buah hati kita. Saat seperti inilah kita dapat melakukan permainan yang lebih kreatif dan bersifat edukatif.

Misalnya dengan membacakan dongeng kesukaanya sambil mempraktekkan kegiatan karakter dalam cerita dengan boneka/mainan. Degan demikian anak akan belajar untuk memahami berbagai ekspresi baru berdasarkan emosi serta pemahaman berbahasa.

USIA 24 – 36 BULAN

Pada usia ini anak mulai bisa diajak berkomunikasi sederhana. Anak mulai banyak mengajukan pertanyaan tentang berbagai hal yang tidak ia mengerti. Anak mulai mengalami pembentukan karakter dan kepercaya diri, dari setiap hal yang diterimanya.

Oleh karena itu kebijaksanaan kita sebagai orang tua dalam menjelaskan adalah bagian terpenting dalam masa ini. Dalam menjelaskan jawaban akan pertanyaan anak, kita harus bisa menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti anak.

USIA 36 - 48 BULAN

Pada usia ini seorang anak akan semakin lancar dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Anak juga akan dengan mudah mengekspersika akan perasaan yang sedang di alaminya. Anak juga akan semakin kritis dalam menngajukan berbagai pertanyaan. Kepercayaan diri mereka akan semakin kuat, biasanya anak akan cenderung menampilkan kemampuan yang dimilikinya. Misalnya dia senang menyanyi, maka dia tidak akan segan2 untuk menyanyi didepan kita. Anak di usia ini biasanya sudah mulai belajar untuk membaca kata-kata sederhana yang mudah dimengerti mereka.

USIA 48 - 60 BULAN

Disaat anak memasuki usia ini, anak sudah terlihat akan kecerdasan intelektual dan emosionalnya. Anak di usia ini biasanya sudah mulai lancar membaca sehingga mereka akan senang sekali membaca buku cerita anak yang ada. Selain itu biasanya anak akan mulai belajar berhitung. Bila mereka sedang bermain dengan mainannya, mereka sudah bisa membereskan mainannya sendiri setelah mereka selesai bermain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
linux hosting